4 Cara Ngeflash HP Samsung Sendiri dengan Mudah dan Aman!

BAHASANDROID.COM – Cara ngeflash HP Samsung memang tidak sama dengan cara ngeflash di hp yang lain. Pada merek HP lain ada yang hanya tinggal klik reset di pengaturan sudah bisa memflash, sedangkan untuk bisa memflash HP Samsung memerlukan cara tersendiri yang membutuhkan aplikasi khusus dan beberapa alat pendukung lain.

Sama halnya cara memflash HP Android Samsung semua tipe lainnya semisal samsung J1, Samsung Ace 3, samsung J1 Ace dan Samsung Galaxy V yang memerlukan aplikasi sendiri tanpa menggunakan bantuan PC/ laptop/ komputer. Dibwah ini akan kami berikan contoh atau 4 cara ngeflash HP Samsung dengan mudah dan aman.

Cara ngeflash HP Samsung

1. Siapkan Aplikasi & Alat Pendukung

Adapun aplikasi dan alat pendukung yang bisa kita siapkan sebelum memulai flashing adalah sebagai berikut:

  • Aplikasi Odin

Merupakan aplikasi khusus HP Samsung yang memiliki fungsi untuk flashing atau mereset ulang handphone.

  • Aplikasi CWM

Aplikasi ini diperlukan untuk membackup data yang ada pada handphone sebelum memulai flashing.

  • Tentukan Firmware

Kita perlu menentukan jenis  Firmware yang akan kita gunakan nanti. Untuk hasil maksimal dan seperti aslinya, kita perlu mengekstraknya terlebih dahulu saat mendownloadnya.

  • Laptop atau komputer

Kita bisa menggunakan laptop ataupun komputer untuk memflash hp ini.

  • Kabel Data

Jangan lupa untuk koneksikan HP kita dengan laptop atau komputer menggunakan kabel data/USB pada saat akan membuka aplikasi Odin.

2. Backup Data

Seperti yang sudah diulas sebelumnya bahwa sebelum memulai flashing, kita mesti membackup data yang ada pada handphone menggunakan aplikasi CWM karena flashing dapat membuat semua data yang ada di handphone menjadi hilang. Penyimpanan atau backup data ini juga sangat berarti kalau-kalau ada kegagalan saat flashing.

3. Masuk ke Mode Flash Ulang

Setelah backup data selesai, kita bisa lanjut memflashing dengan cara masuk ke mode flash ulang. Matikan dahulu ponsel kita lalu masuk kembali ke mode flash ulang dengan cara menekan tombol Home + Volume Bawah + Power secara bersamaan agar bisa masuk ke mode flash ulang.

Selanjutnya klik Continue dengan menggunakan tombol volume atas. Setelah menekan tombolnya, kita akan bisa mengakses mode download agar bisa mendowload Firmware baru yang akan kita gunakan pada handphone kita. Jangan lupa untuk mengekstraknya terlebih dahulu agar file asli Firmwarenya berhasil kita gunakan (tidak gagal).

4. Masukan Firmware

Setelah terdownload firmwarenya, kita buka aplikasi Odin yang sudah kita instal sebelumnya pada laptop atau komputer, lalu menghubungkannya dengan ponsel kita menggunakan kabel data.

Nah, saat handphone kita sudah terkoneksi dengan laptop atau komputer, maka akan terdeteksi dan terlihat oleh aplikasi Odin. Jika masih belum terdeteksi, cek lagi apakah kita belum mengoneksikan handphonenya dengan benar.

Setelah hp kita terdeteksi aplikasi Odin, kita bisa memilih jenis Firmware yang akan kita instal dengan memasukannya pada kolom PDA atau AP, lalu klik Start dan tunggu hingga HP kita merestart sendiri.

Bac juga:

Cara Mengecek HP Samsung Asli Atau Palsu

Cara Update Firmware Meizu M2 Note/ Mini Flyme

Cara Upgrade Meizu M2 Note Firmware/ Flyme OS Terbaru

Selamat mencoba 4 cara ngeflash HP Samsung Sendiri dengan mudah dan aman!