Apa Itu Root Pada Android dan Bagaimana Caranya

BAHASANDROID –  Apa Itu Root Pada Android, Pemilik ponsel android pasti pernah mendengar root. Tapi apa itu root pada android? Pembicaraan mengenai root biasanya hanya dilakukan oleh kaum lelaki, yang notabene memang memiliki ketertarikan pada hardware, software dan pengembangan teknologi. Bukan berarti perempuan pun tak ada yang tertarik, hanya saja jumlahnya tak bisa disejajarkan dengan kaum pria.

Karena itulah, root ponsel adalah salah satu hal yang bisa dibilang asing untuk kaum perempuan. Sehingga banyak yang dari mereka sedikit bingung dengan istilah tersebut, dan apa manfaatnya untuk ponsel yang tengah digunakan? Sekalipun tidak semua ponsel membutuhkan rooting supaya bisa digunakan dengan maksimal, tetapi kita juga tetap harus mengetahui pengetahuan dasar mengenai teknologi yang satu ini.

Tampilan Android Saat Root (sumber: flickr.com)

Apa Itu Root Pada Android dan Fungsinya Apa?

Apa itu root pada android? Jadi, root adalah sebuah proses memodifikasi sistem operasi (OS) dalam android oleh pengguna, sehingga si pengguna bisa memiliki akses yang tanpa batas untuk melakukan berbagai perubahan lainnya dalam ponsel tersebut. Misalnya menghapus elemen-elemen yang telah disematkan oleh pabrikan dalam ponsel, menambah fitur tambahan bahkan juga bisa merusak sistem yang sudah ada di dalamnya.

Sebenarnya root itu sendiri sebenarnya lebih mengacu pada superuser yang menjadi administator penguasa semua sistem operasi basis linux maupun androud. Jadi administrator tersebut mendapatkan akses yang penuh untuk melakukan semua hal yang di-inginkan seperti halnya developer. Memang pada dasarnya aktifitas seminimalis apapun dalam pengubahan sistem operasi (OS) Android menggunakan root, maka superuser boleh-boleh saja dikategorikan sebagai seorang developer.

Baca juga:

Cara Upgrade Android Nougat Tanpa Root

Cara Root Meizu M2 Note Tanpa PC

Apa Itu Root Pada Android? Apa Kekurangan dan Kelebihannya?

Setiap tindakan yang dilakukan untuk mengubah sistem bawaan dari developer tentu bukannya tanpa risiko. Sekalipun memiliki niat untuk menambah kemampuan ponsel tersebut, ada kalanya proses root malah merusak sistem ponsel sampai akhirnya ponsel malah tak bisa digunakan sama sekali.

Setelah membahas apa itu root, maka kita bisa membahas apa saja kelebihan dan kekurangan dari root, sehingga kita bisa memutuskan apakah melakukan rooting itu penting atau tidak.

Kelebihan root adalah dapat menghapus aplikasi bawaan dari vendor yang dirasa tak penting atau tak dibutuhkan, mengendalikan aplikasi dengan lengkap termasuk backup data sehingga saat melakukan reset factory kita tak perlu download ulang.

Kemudian kekurangan dari root itu sendiri adalah bisa membatalkan garansi dari ponsel, sehingga saat ditemukan kecacatan dari vendor kita tak bisa mengklaimnya untuk dapatkan garansi. Selain itu juga bisa menyebabkan malfungsi pada ponsel.

Apa itu root pada android telah dijelaskan dengan detail di atas, setelah membahas kekurangan dan kelebihannya, sekarang kita bisa memutuskan apakah akan melakukan rooting atau tidak.