Inilah Jawaban, Apa yang Dimaksud Dengan Sistem Operasi (OS) Pada Komputer!

Apa yang Dimaksud Dengan Sistem Operasi (OS) Pada Komputer – BAHASANDROID.COM – Sering kali kita mengenal Komputer, laptop dan PC dalam dunia teknologi. Namun kita tidak menyadari itu semua merupakan alat teknologi yang didalmnya memiliki system tertentu yang berfungsi sebagai perangkat keras dan lunak. Tanpa adanya kehadiran Sistem Operasi, maka kita tidak akan bisa menjalankan semua apliksi yang ada pada komputer, laptop da PC.

Pada kinerja Sistem operasi memiliki bagian – bagian elemen yang sangat penting yaitu memori, penyimpan data, proses dan transfer data dan sebagainya. Sebagai salah satu contoh yang merupakan macam macam sistem operasi yang ada di dunia teknolgi yang trend sekarang ini adalah: Android, iOS, Mac OS X, Linux, dan Microsoft Windows.

Apa yang Dimaksud Dengan Sistem Operasi

Prosedur Penggunaan Sebuah Sistem Operasi

Secara garis besarnya Sistem Operasi berada pada satu set dengan system komputer yang ada sebelum aplikasi apapun di install dengan sempurna/ sukses. Intinya penggunaan Sistem operasi yaitu sebagai perangkat lunak yang perfungsi untuk mengatur perangakt keras dan perangkat lunak agar berjalan dengan sistematis.

Bagian dan Fungsi Sistem Operasi

Sistem Operasi terdapat bagian pusat terminal standar sehingga aplikasi- aplikasi yang ada bisa menjalankan fungsinya masing- masing.

OS mempunyai bagian yang sangat sistematis diantaranya adalah:

  • Mekanisme Booting
  • Kernel, merupakan inti sistem operasi sendiri
  • Command Interpreteratau shell, melakukan proses input
  • Pustaka-pustaka, adalah organisai fungsidasar/ standar yang bisa dipanggil oleh aplikasi yang lainnya.
  • Driver untuk membaca/ berkomunikasi serta mengolah hardware eksternal.

Apa yang Dimaksud Dengan Sistem Operasi, 3 komponen fungsi nya adalah:

  • Agar komputer bisa digunakan dengan mudah dan aman, nyaman untuk diopersikan.
  • Agar bisa digunkan dengan efesien dan bisa teratur oleh pengguna.
  • Membantu dan mengembangkan program yang telah ada tanpa menghilangkan layanan dan fungsinya.

Sistem Operasi hadir dalam ukuran besar dan juga ukurann kecil artinya yang sangat kompleks sesuai dengan input yang ada. Contoh dari input yang sangat besar adalah seperti Desktop OS. Adapun input yang kompleks adalah seperti Windows, Linux, Solaris, Palm, Symbian dan yang lainnya.

Baca juga:

Cara Upgrade Windows 10 Menggunakan Flashdisk

Cara Update iOS 10 dengan Mudah

Upgrade Windows 10 Anniversary Via Assistant Terbaru

Macam- macam Sistem Operasi Modern Saat Ini

Sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan teknologi Komputer masa sekarang ini yang begitu pesat perkembangannya, yang dimaksud adalah PC dan Laptop terbagi dalam 3 bagian Sebagaimana yang telah dinukil dari Wikipedia:

  1. Sistem Microsoft Windows

Contohnya seperti: Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, Windows 8 yang dirilis pada Oktober 2012), dan Windows Terakhir yaitu Windows 10 (Dirilis pada Juli 2015).

  1. Sistem Unix

Contohnya seperti: SCO UNIX, family dari BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, Zeath OS (berbasis kernel linux yang dimodifikasi), MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.

  1. Sistem Mac OS

Adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.12 atau yang disebut dengan Sierra.

Nah, berikut Apa yang Dimaksud Dengan Sistem Operasi (OS) Pada Komputer yang sudah kami ulas secara ringkas agar sobat bisa dengan mudah memahami dari prosedur penggunaan sebuah sistem operasi. Semoga bermanfaat.