Cara Membuat Absensi Karyawan Dengan Excel 2007, 2010 dan 2013

Cara Membuat Absensi Karyawan Dengan Excel 2007, 2010 dan 2013 – Absensi karyawan memang kadang membuat Anda yang bekerja di sebuah perusahaan atau Anda yang mempunyai karyawan dalam usahanya pasti sangatlah membutuhkannya. Hal tersebut sangat bermanfaat guna mengawasi sekaligus bahan evaluasi dengan melihat kehadiran atau ketidak hadiran karyawan anda.

Cara Membuat Absensi Karyawan Dengan Excel

Dengan program microsoft excel dapat memudahkan Anda dalam membuat absensi karyawan tersebut. Sebagai penduan sederhana berikut saya paparkan cara membuat absensi karyawan dengan excel 2007.

Cara membuat absensi karyawan dengan excel 2007 hampir sama dengan versi lainnya seperti excel 2010 dan excel 2013. Namun sering kali perbedaan terletak pada posisi menu di masing-masing versi sehingga membuat kita agak kebigungan ketika beralih menggunakan versi yang lain.

Baiklah tidak usah berlama-lama lagi kita langsung masuk ke pembahasan. Berikut langkah-langkah cara membuat absensi karyawan dengan excel 2007 secara sederhana.

1. Pertama buka terlebih dahulu program microsoft excel anda

2. Kemudian untuk membuat judul yang bagus gunakan wordArt tapi ini optional saja (Insert-WordArt)

3. Lalu anda ganti tulisan Your Text Here dengan Absnsi Karyawan atau terserah Anda judulnya seperti apa

4. Kemudian buatlah data excel sesuai kebutuhan absensi pada perusahaan anda

5. Nah ketika anda sedang mengetik data yag diperlukan terus menemukan sesuatu yang janggal misalkan huruf yang anda ketikan tertimpa maka jangan khawatir dan lanjutkan saja mengetiknya sampai selesai mulai dari Nama, Nik, departemen, dan lain-lain disesuaikan saja dengan kebutuhan.

6. Setelah selesai anda bisa merapihkan dokumen yang anda buat dengan cara mendrag seluruh lembar kerja atau CTRL+A lalu klik dua kali pada ROW C atau bisa pada ROW yang lain. Maka program Microsoft Excel akan secara otomatis memperbesar dan menampilkan jumlah karakter yang paling pajang dari setiap ROW-nya.

7. Kemudian editlah atau atur seluruh ROW yang diperlukan sehingga benar-benar rapih dengan cara manual yakni menggeser. Jangan khawatir jika melihat garis cell judul di atas seperti tertimpa karena hal itu wajar.

8. Lalu ketikan tanggal dan di merger sebanyak 31 kolom. Kemudian ketikan angka 1- 31 pada masing-masing kolom pada row di bawah tanggal. Lalu pada kolom berikutnya ketikan total kehadiran.

9. Setelah selesai buatlah jumlah inputan absen dengan memasukan angka sesuai absen maing-masing karyawan diperusahaan anda.

10. Lalu buatlah rumus penjumlahan pada kolom atau di bawah row total kehadiran. Rumusnya kurang lebih seperti : =SUM(F8:AI8). Lalu tarik atau drag ke bawah hingga nama karyawan paling akhir agar semua karyawan terjumlahkan kehadiran pada absensi tersebut. Dengan demikian anda tidak perlu membuat rumus pada setiap nama karyawan karena secara otomatis terjumlahkan absensinya.

Nah demikian tutorial sederhana  cara membuat absensi karyawan dengan excel. Semoga artikel ini sedikit membuat anda para pemula dapat belajar tentang excel.