Cara Mengembalikan OS Android Ke Semula Setelah Di Upgrade Tanpa Root

BAHASANDROID.com – Sering kali pengguna OS Android meng-upgrade smartphone-nya melakukan cara mengembalikan OS Android ke semula, biasanya disebut downgrade. Mereka meng-upgrade smartphone-nya guna menigkatkan versi dan memperkaya fitur yang tersemat dalam smartphone di genggamannya. Adakalanya mereka meng-upgrade melalui root dan tidak melaluinya. Dalam artikel ini kami akan memaparkan cara mengembalikan OS Android ke semula tanpa root. Ini terbukti lebih aman daripada yang melalui root.

Mengembalikan OS Android Ke Semula

Langkah-langkah cara mengembalikan OS Android tanpa root

  • Langkah 1: download firmware/ ROM terkait HP yang akan di-downgrade

Cara mengembalikan OS Android ke semula yang pertama kali harus dilakukan adalah mendownload firmware/ ROM HP yang akan di-downgrade di internet. Pilih firmware yang sesuai dengan HP Anda. Pastikan juga versi software Anda sesuai dengan versi yang akan diunduh, misalnya WW SKU, TW SKU, CHT SKU, dan lain-lain.

  • Langkah 2: salin Firmware/ ROM ke SD card

Hasil download-an tadi harus Anda taruh di SD card dan pastikan di luar folder. Hal ini agar firmware tersebut dapat terlacak ketika akan melakukan proses flashing atau downgrade.

  • Langkah 3: Proses Flashing/ Downgrading ROM

Nah, sekarang saatnya eksekusi. Pastikan daya baterai HP Anda di atas 50%, atau bisa sambil di-charge. Cara mengembalikan OS Android ke semula bagian ini cukup krusial. Selama firmware yang Anda pasang cocok, perangkat Anda akan sukses di-downgrade.

Pasanglah SD card tadi. Hidupkan HP Anda dengan cara tekan tombol vol up dan power secara bersamaan. Tahan hingga masuk ke mode droidboot. Setelah itu pilihlah menu SD Download dengan tombol volume sebagai navigasinya. Gunakan tombol power untuk memulai prosesnya. Proses tersebut akan berjalan selama beberapa menit dan akan restart otomatis dan masuk home baru.

Baca juga:

Cara Upgrade Android Nougat Tanpa Root

Cara Upgrade Xiaomi Redmi Note 2 ke Nougat

Upgrade Windows 10 Terbaru

Kendala dalam mengembalikan os android ke semula tanpa root

Kendala yang biasanya dialami oleh user dalam men-downgrade sebenarnya sudah umum. Mungkin beberapa dari mereka merasa file yang diunduh cukup besar sehingga menghabiskan kuota internet Anda dan menghabiskan waktu cukup lama. Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa mengunduhnya dengan menggunakan jaringan internet wifi Telkom di Telkom corner terdekat. Dengan kecepatan yang stabil dan cepat dapat mempermudah Anda dalam men-downgrade.

Selain itu, terkadang terjadi ketidak cocokan firmware yang didownload dengan versi HP Anda. Nah, sebelum Anda melakukan proses flashing, Anda harus memastikan terlebih dulu tipe os Android HP Anda seperti yang telah disebutkan di atas. Jika terlanjur, Anda tidak usah khawatir. Anda bisa mengulang langkah-langkah yang telah dipaparkan di atas. Anda cukup mendownload kembali firmware yang benar-benar sesuai.

Demikianlah salah satu cara mengembalikan OS Android ke semula yang cukup mudah untuk anda terapkan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Source:

cara mengembalikan os android ke semula setelah di upgrade, cara downgrade android, cara mengembalikan versi android ke versi sebelumnya, cara mengembalikan versi android ke awal, cara mengembalikan versi android, cara mengembalikan os android ke versi semula, cara mengembalikan rom android seperti semula, cara downgrade os android, cara downgrade os, cara menurunkan versi android