Cara Menggunakan Pivot Table Pada Excel 2010, Tutorial Ringkas!

Cara Menggunakan Pivot Table Pada Excel 2010BAHASANDROID.COM – Salah satu fitur yang ditawarkan dari miscosoft excel 2010 adalah pivot table. Pengertian pivot table adalah tools yang digunakan untuk  membantu kita dalam menganalisa, meringkas, dan mengeksplorasi sebuah data yang disajikan dalam bentuk tabel. Selain itu pivot table bertujuan agar sebuah data bisa disajikan secara lebih tersusun dan ringkas.

Pivot table excel untuk analisis data

Untuk lebih jelasnya kita simak saja ulasan berikut ini seputar cara menggunakan pivot table excel 2010.

  1. Langkah pertama, buka aplikasi microsoft excel 2010.
  2. Kemudian klik menu Insert, pilih Pivot Table, disitu anda akan menemukan menu pivot table dan pivot chat, anda hanya perlu memilih pivot table saja. Maka akan muncul fotm Create Pivot table.
  3. Kemudian pada opsi choose the data that you want to analyze, disitu kita bisa memilih sumber data mana yang akan diggunkan dalam PivotTable, ada Select a table or range, dan use an external data source. Misalnya anda memilih select a table or range, kemudian anda block data yang akan dibuat pivot table tadi.
  4. Kemudian untuk menyimpan hasil dari pivottable, bisa anda pilih pada opsi choose where you want the PivotTable report to be placed, terdapat dua opsi , yaitu diantaranya :

New Worksheet untuk menempatkan hasil pivottable pada worsheet baru. Sedangkan Existing Worksheet untuk menempatkan hasil pivottable pada worksheet yang suda ada.  Jika anda sudah memilih, selanjutnya Klik Ok. Kemudian akan muncul tampilan pada pivottable dan task pane pivottable field list dalam worksheet.

  1. Kemudian untuk menampilkan nama field dari table yang digunakan bisa dilihat di Choose fields to add report. Ada 4 area yang digunakan untuk memasukkan field pada pivottable.
  • Report Filter digunakan untuk memfilter sebuah data.
  • Row labels digunakan untuk menyajikan field dalam bentuk baris atau vertikal.
  • Column Labels digunakan untuk menampilkan field dalam bentuk kolom.
  • Values digunkan untuk menampilkan nilai field dalam pivot table yang dibuat ringkasannya. Misalnya anda ingin melakukan penjumlahan bisa dengan mengklik menu Sum kemudian pilih value field setting kemudian pilih sesuai apa yang anda inginkan.

BACA JUGA: Cara Membuat Absensi Karyawan Dengan Excel

Field atau data bisa dimasukkan kedalam area pivot table dengan dua cara, yaitu dengan mengklik kemudian tahan toombol mouse pada salah satu field, setelah itu tarik mouse pada area pivottable yang akan digunakan, dan untuk cara kedua bisa dilakukan dengan cara  klik kanan salah satu field, kemudian pilih area pivot table yang ditampilkan pada menu tersebut.

Demikian itulah belajar/ tutorial ringkas Cara Membuat Pivot Table Excel 2010 yang bisa kami rekomendasikan kepada anda, semoga artikel ini bisa membantu anda dan semooga bermanfaat.