Cara Root Samsung J7 Tanpa PC dengan Mudah

BAHASANDROID.COM – Samsung galaxy j7 bisa dibilang memiliki banyak peminat karena memang dibekali dengan fitur-fitur kekinian yang disukai anak-anak muda. Tapi tidak sedikit juga yang bertanya tentang bagaimana cara root samsung j7 dengan mudah. Apa itu root atau rooting? Rooting bertujuan untuk bisa mengoptimalkan kinerja smartphone dalam hal tertentu. Intinya, rooting merupakan upayan untuk pengguna mengotak-atik atau memaksimalkan sistem android pada perangkat smartphone.

Cara Root Samsung J7 Tanpa PC dengan Mudah

Tapi ada hal yang perlu diingat ya, mengoptimalkan kinerja Samsung j7 dengan cara rooting bukan berarti ponsel anda akan langsung secanggih iPhone. Tentu saja vendor Samsung memiliki perlindungan tersendiri terhadap sistem operasi yang ada pada produk mereka. Jadi memang kebanyakan orang awam yang tidak terbiasa mengotak-atik tidak akan bisa melakukan rooting. Salah-salah yang ada smartphone yang diotak-atik sembarangan bisa mengganggu sistem kerjanya dan bukan tidak mungkin terjadi error atau kerusakan.

Cara Root Samsung J7 Tanpa PC dengan Mudah

Melakukan root untuk Samsung galaxy j7 bisa dibilang mudah tapi juga susah. Ini karena tiap android tentu saja memiliki open sourcenya yang berbeda-beda. Biasanya rooting dilakukan dengan bantuan PC. Meski begitu, bukan hal yang tidak mungkin jika rooting dilakukan tanpa bantuan PC yaitu menggunakan aplikasi root. Berikut cara root samsung j7 dengan aplikasi FramaRoot.

Baca juga: Cara Root Meizu M2 Note Tanpa PC

Cara kerja menggunakan aplikasi ini yaitu dengan membuka open source (root) dari OS androidnya sendiri. Hal ini dilakukan agar mudah dimodifikasi. Pertama download aplikasi FramaRoot untuk kemudian diinstal dan diekstrak pada Samsung j7. Kemudian buka aplikasinya dan pilih ‘select an action to execute after root’ untuk kemudian diganti dengan ‘install Superuser’ atau ‘install SuperSU’. Kemudian ‘Gsobatlf’ yang akan melakukan rooting secara otomatis. Kemudian tunggu beberapa lama hingga prosesnya selesai.

Setelah selesai maka akan muncul popup ‘superuser and su binary installed. You have to reboot your device’. Kemudian tekan OK lalu handphone Samsung j7 anda akan merestart. Tunggu beberapa saat sampai selesai. Lalu pilih aplikasi SuperSu kemudian install binary mode normal. Kemudian proses selesai. Sebenarnya banyak aplikasi lain yang bisa digunakan untuk melakukan rooting yang tidak ingin menggunakan PC. Memilih jenis aplikasi yang sesuai dan terpercaya. Jangan sampai aplikasi yang dipilih justru membuat hp anda eror.

Samsung galaxy j7 memang banyak digunakan karena memiliki fitur yang cukup lengkap. Ia memiliki kayar berukuran 5.5 inch dengan sistem operasi android v5 Lollipop. Ia juga dibekali dengan memori internal sebesar 16 GB. Untuk kamera, ia memiliki resolusi kamera utama 13MP dan kamera depan 5MP. Untuk kapasitas baterai 3000 MAh. Untuk bisa mengoptimalkan kinerja Samsung ini, anda bisa mempraktekkan cara root Samsung j7 dengan menggunakan aplikasi khusus rooting seperti diatas.