Pengertian Workbook dan Worksheet Pada Microsoft Excel

BAHASANDROID.COM – Pengertian Workbook dan Worksheet, ketika bekerja dengan menggunakan aplikasi program microsoft excel, Anda akan familiar dengan yang namanya workbook dan worksheet. Kedua istilah tersebut memiliki hubungan yang saling berkaitan dengan pekerjaan Anda menggunakan program microsoft excel. Namun bagi para pemula tentu akan membutuhkan pemahaman yang lebih baik lagi terkait pengertian workbook dan worksheet yang ada dalam excel.

Nah untuk memahami pengertian workbook dan worksheet pada microsoft excel, sehingga Anda menjadi lebih paham mari kita uraikan satu-persatu pengertain dari kedua istilah tersebut.

1. Pengertian workbook pada MS Excel

Workbook adalah format standar dari file Microsoft Excel, di mana didalamnya terdiri dari beberapa worksheet sebagai lembar kerjanya. Jika dianalogikan, workbook itu seperti sebuah buku kerja yang di dalamnya ada lembaran-lembaran kertas yang bernama worksheet.

Nah ketika pertama kali Anda bekerja menggunakan Microsoft Excel atau memulai bekerja dengan membuka halaman kerja baru, maka saat itu pula Anda akan mempunyai sebuah workbook baru yang masih kosong dengan tiga lembar worksheet standar di dalamnya.

Dapun jumlah standar worksheet pada sebuah workbook baru umumnya tiga buah worksheet yaitu sheet 1, sheet 2 dan sheet 3.

Sampai sini saja saya yakin Anda pasti sudah mempunyai gambaran yang jelas tentang workbook dan worksheet. Namun mari kita lanjutkan pembahasan tentang pengertian workbook dan worksheet ini sampai tuntang sehingga anda para pemula bisa mendapatkan gambaran yang utuh dan menyeluruh.

Baca juga: Fungsi Menu Bar Pada Microsoft Excel

2. Pengertian worksheet pada MS Excel

Setelah mengenal pengertian sederhana dari sebuah workbook, pada sub judul ini saya akan uraikan sedikit tentang pengertian worksheet atau lembaran-lembaran kerja di dalam workbook.

Seperti sudah saya uraikan di atas, bahwa worksheet merupakan lembaran-lembaran kerja yang ada di dalam sebuah workbook dari program MS Excel. Worksheet itu sendiri dapat anda tambah atau kurangi sesuai dengan kebutuhan pekerjaan yang sedang dilakukan.

Jika Anda hanya memerlukan tiga buah worksheet, maka ketika Anda membuka sebuah workbook baru dengan tiga worksheet, maka tentu saja Anda sudah tidak perlu menambah sheet baru lagi karena sudah tersedia sehingga anda tinggal memanfaatkan sheet default atau standar yang sudah ada saja.

Namun untuk menambahkan worksheet baru, Anda bisa mengklik menu INSERT, sedangkan untuk menghapusnya jika kelebihan Anda cukup klik DELETE mudah bukan?

Selain itu, setiap worksheet dapat Anda beri nama sesuai keinginan atau kebutuhan. Adapun caranya yaitu  double klik pada teks sheet yang Anda tuju. Lalu teks sheet akan berganti warna, kemudian ketikkan nama sheet yang Anda inginkan. Atau dengan cara klik kanan pada sheet yang Anda tuju, lalu pilih rename.

Oke Itulah penjelasan singkat dari saya mengenai pengertian workbook dan worksheet pada Microsoft Excel. Semoga artikel singkat ini bermanfaat.