Sistem UI Telah Berhenti Pada Oppo, Ini Cara Mengatasinya!

Cara Atasi Sistem UI Telah Berhenti (System UI Has Stopped) Pada Oppo sering dialami oleh sebagian pengguna Oppo Smartphone, tentunya akan sangat menggnggu pengguna jika terus- menerus muncul notifikasi bacaan tersebut pada layar Smartphone ketika digunakan. Tapi kamu jangan khawatir karena ada tutorial dan cara untuk mengatasi hal ini, dan terdapat beberapa cara mengatasi Sistem UI Telah Terhenti yang mungkin anda temui di Google.

Pengaruh dari munculnya Notifikasi ini berdampak pada User Interface yang ada pada Aplikasi Themes, launcher, Icon, Font, Gambar Wallpaper dan aplikasi bawaan HP Oppo ketika akan digunkan oleh pengguna akan terhenti seketika dan layar smartphone akan terlihat Blank seketika bahkan ada juga mengalami blank yang lama sampai HP perlu di restart baru bisa dijalankan kembali dan masalah ini akan terus- menurus.

Dibawah ini ada beberapa cara dan solusi jika mengalami Sistem UI Telah Berhenti pada Smartphone anda.

Cara Mengatasi Sistem UI Terhenti Pada Oppo Smartphone

  1. Bersihkan Cache Pada “Sistem Keamanan”/ Pandai Cepat

Cara ini merupakan cara yang sederhana untuk Mengatasi Sistem UI Terhenti, dengan memanfaatkan Aplikasi yang ada pada Oppo Smartphone yang anda miliki, awali dengan masuk ke “Pusat Keamanan” dan pilih file Cache dan Lakukan Scaning HP Anda atau lihat alur di bawah ini:

Pusat Keamanan > Bersihkan dan Percepat > File Temporery (untuk bersihkan berkas) > “Pindai Virus” (untuk menghapus semua virus yang ada Aplikasi di Sistem Android)

Sistem UI Telah Berhenti Pada Oppo

Silahkan anda ikuti langkah pertama diatas, dan mungkin menu keterangan oppo smartphone akan berbeda sesuai dengan model yang anda miliki.

  1. Bersihkan Cache pada Sistem UI

Jika masih kurang dengan langkah yang pertama maka lanjutkan dengan langkah ini, yaitu menuju File Cache yang ada di Sistem UI itu sendiri. Cobalah perhatikan alur dan petunjuk cara membersihkan Sistem UI pada Oppo Smartphone di bawah ini:

Pilih dan Cari Menu: Pengaturan > Setelan Tambahan > Manajemen Aplikasi > Semua > Cari “Sistem UI” > Next  “Hapus Cache”

Sistem UI Telah Berhenti Oppo

  1. Factory Reset

Langkah selnjutnya Sistem UI Telah Berhenti Pada Oppo adalah me- reset HP Oppo Anda dengan cara Factory Reset, yang bisa anda iluti langkah- langkahnya dibagian bawah ini:

  • Aktifkan Smartphone Oppo
  • Masuk ke Menu dan Cari Menu “Setting” kemudian Pilih
  • Pada bagian menu “Setting” cari dan pilih menu “Backup dan Reset” dan pilihlah Menu “Reset Phone”

Sistem UI Telah Berhenti Backup & Reset

  • Erase Everything> Yes

Sistem UI Telah Berhenti Factory Reset

  • Tunggu Samapai selesai karena HP anda akan melakukan Restart dan Reset

4. Lakukan dengan Cara Hard Reset

  • Hard Reset adalah membersihkan file dan berkas melalui recovery sistem dan caranya bsa anda ikuti di bawah ini:
  • Restart Hp anda dan tekan tombol power serta Volume + secara bersamaan untuk masuk ke mode recovery
  • Pilih dan tekan kebawah dengan tombol Volume – (untuk down) dan Tombol Volume + (untuk keatas) setelah itu tombol power (untuk enter/ memilih menu yang akan digunakan)
  • Cari menu Wipe Data and Cache dan pilih/ enter dengan menggunakan tombol Power > YES
  • Pilih lagi Wipe Data and Cache dengan tombol volume untuk Memilih dan tombol power untuk mengonfirmasi pilihan Yes
  • Setelah Wipe Data and Cache selesai anda pilih kemudian pilih Booting untuk keluar dengan tombol power. tunggu sampai booting selesai

Berikut 4 langkah mengatasi Sistem UI Telah Berhenti Pada Oppo yang bisa kami sampaikan da jika cara ini masih belum berhasil kemungkinan anda harus mengupgrade HP Oppo anda dengan cara Flash Oppo dan meng-unduh Firmware Oppo sesuai model yang anda miliki disni. Jika anda belum mengetahui cara flashing silahkan ikuti panduannya disni.

Semoga Tutorial sederhana ii bisa bermanfaat bagi anda, jika anda memiliki kesulitan dan pertanyaan dari artikel panduan diatas, silahkan tinggalkan komentar dibawah dengan jelas agar kami bisa menjawabnya dengan spesifik.